Pendeteksi Posisi Keberadaan Manusia dalam Ruangan Menggunakan Metode Perbedaan Citra dengan Sensor Webcam

Yockie Andika Mulyono, Daniel Setiadikarunia

Sari


Dalam artikel ini disajikan perancangan dan realisasi sistem pendeteksi posisi keberadaan manusia dalam ruangan menggunakan sensor webcam. Sistem ini dapat diterapkan pada robot, sehingga robot mempunyai kemampuan untuk mendeteksi posisi manusia. Untuk mengetahui ada atau tidak ada manusia digunakan deteksi gerak. Metode deteksi gerak yang digunakan adalah metode perbedaan citra terhadap dua citra berurutan dari video yang ditangkap oleh webcam. Bila terdapat perbedaan citra yang melebihi nilai tertentu, maka terdeteksi adanya gerakan dan dianggap ada manusia dalam ruangan. Posisi keberadaan manusia diperoleh dengan menggabungkan hasil deteksi gerak dengan informasi sudut/arah webcam saat terdeteksi adanya gerakan. Dari hasil pengujian diperoleh pendeteksi yang direalisasikan memiliki tingkat keberhasilan sebesar 100% dalam mendeteksi posisi keberadaan manusia untuk kondisi yang telah ditentukan, yaitu nilai Delta_piksel (banyaknya piksel yang berbeda) 500 dan delay 0,05 detik. Sistem ini dapat melakukan pendeteksian posisi objek dengan rata-rata kecepatan gerak objek sampai 0,5 m/s.

Kata Kunci


deteksi gerak; deteksi posisi; metode perbedaan citra; webcam

Teks Lengkap:

PDF


Dilihat:
Sari 5619 kali
PDF 1665 kali

Referensi


Lipton A, Fujiyoshi H, Patil R, “Moving Target Classification and Tracking from Real-Time Video,” IEEE Workshop on Applications of Computer Vision. Princeton. USA: 8-14, 1998.

Mishra S, Mishra P, Chaudhary N, Asthana P, “A Novel Comprehensive Method for Real Time Video Motion Detection Surveillance,” International Journal of Scientific & Engineering Research, 2(4), 2011.

Zheng X, Zhao Y, Li N, Wu H, “An Automatic Moving Object Detection Algorithm for Video Surveillance Applications,” International Conference on Embedded Software and Systems, Hangzhou. China: 541-543, 2009.

Yong YC, Sudirman R, Kim MC, “Motion Detection and Analysis with Four Different Detectors,” Third International Conference on Computational Intelligence, Modelling and Simulation. Langkawi: 46-50, 2011.

Zhang J, Xu S, Huang K, Luo T, “Accurate Moving Target Detection Based on Background Subtraction and SUSAN,” International Journal of Computer and Electrical Engineering, 4(4), 436-439, 2012.




DOI: https://doi.org/10.15575/telka.v5n1.1-14

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Jurnal TELKA terindex oleh :


     moraref logo       Crossref logo        sinta logo     base logo


Onesearch logo     IPI logo      Dimensions logo




Didukung oleh :







Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-NonKomersial-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.