Rancang Bangun Autonomous Robot Tank dengan Metode Waypoint Berbasis Raspberry Pi

Juanda Rahimatullah, Nur Rachman Supadmana Muda, MHD Iqbal Fahmi, Zani Akbari

Sari


Pada era perang modern, robot digunakan untuk melakukan penyerangan terhadap sasaran untuk memperkecil kerugian personel. Autonomous robot tank merupakan robot yang bergerak otomatis dengan menghindari rintangan yang berada didepannya. Sistem Navigasi Waypoint digunakan pada autonomous robot tank untuk menentukan pergerakan robot dari titik kordinat satu ke titik kordinat lain berdasarkan sistem kordinat bumi, menentukan arah, dan jarak dalam mencari sasaran tanpa harus full control. Operator hanya menentukan titik sasaran yang akan dilakukan penyerangan maka robot tank akan dengan sendirinya bergerak menuju sasaran. Modul GPS akan membaca koordinat dimana posisi dari mobile robot berada, dan modul magnetic compass digunakan untuk menentukan arah tujuan robot tank bergerak. Obstacle avoidance system menerima sinyal dari sensor ultrasonic ketika ada benda halangan didepannya untuk menghindari benda tersebut. Hasil pengujian didapatkan bahwa sistem navigasi waypoint pada robot dapat menuju tepat ke daerah sasaran musuh serta menghindari halangan di depannya dan selanjutnya kembali pada jalur navigasi menuju titik yang sudah ditentukan. Penelitian ini sangat berguna bagi TNI dalam melaksanakan penyerangan maupun pengintaian pada daerah operasi dengan memanfaatkan autonomous robot tank.

Kata Kunci


Autonomous robot tank; waypoint; obstacle avoidance system

Teks Lengkap:

PDF


Dilihat:
Sari 2825 kali
PDF 1206 kali

Referensi


A. S. Taufik, “Sistem Navigasi Waypoint pada Autonomous Mobile Robot,” J. Mhs. TEUB, vol. 1, no. 1, pp. 1–6, 2013.

D. Liani and A. Silvia, “Sistem Navigasi Pada Mobile Robot Dalam Penentuan Arah dan Pemetaan Posisi,” Seminar Nasional Teknologi Informasi, Bisnis, dan Desain, pp. 129–134, 2017.

M. Taufiqurrahman, Sumardi, and M. A. Riyadi, “Perancangan Self Driving Dengan Metode Kontrol Pd Pada Sistem Tracking Autonomous Car,” Transient, vol. 5, no. 2, p. 174, 2016.

A. P. Kurniawan, G. A. Mutiara, and G. I. Hapsari, “Pengiriman Informasi GPS ( Global Positioning System ) Berupa Teks Melalui Wireless pada AR Drone 2 . 0,” Univ. Telkom, vol. 1, no. 2, pp. 0–7, 2000.

R. Dikairono, T. A. Sardjono, and L. Yulianto, “Sistem Navigasi Dan Penghindar Rintangan Pada Mobile Robot Menggunakan Gps Dan Pengukur Jarak Ultrasonik,” JAVA J. Electr. Electron. Eng., vol. 11, no. 1, pp. 1–6, 2016.

J. T. Erma Susanti, “Pengembangan Sistem Pemantau dan Pengendalian Menggunakan Raspberry Pi dan Firebase,” Konf. Nas. Teknol. Inf. dan Komun., no. November, pp. 144–153, 2016.

M. T. fredy, Dr.Ir. Sony Sumaryo,m.t, Ir.Porman Pangaribuan, “Perancangan Sistem Monitoring Sepeda Motor Mengunakan Modul Gps Berbasis Android,” e-proceeding Eng., vol. 5, no. 3, p. 4179, 2018.

I. Amalian Tafa, D. Suryadi, T. Pontia, “Analisis Tingkat Akurasi Global Positioning System Smartphone Dalam Menentukan Titik Lokasi Pada Google Map,” Jurnal Elektro, Universitas Tanjungpura, 2018.

M. I. Ashshidiq, M. A. Setiawan, and F. Wahid, “Aplikasi Berbasis Web Pemetaan Informasi pada Gambar Bitmap,” Media Inform., vol. 4, no. 1, pp. 13–26, 2006, doi: 10.20885/informatika.vol4.iss1.art2.

Suraya and M. Sholeh, “Implementation of Geography Information Systems in Searching System for The Closest Locations of Museum,” Int. J. Sci. Res. Publ., vol. 8, no. 6, pp. 405–409, 2018, doi: 10.29322/ijsrp.8.6.2018.p7853.




DOI: https://doi.org/10.15575/telka.v6n1.29-39

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Jurnal TELKA terindex oleh :


     moraref logo       Crossref logo        sinta logo     base logo


Onesearch logo     IPI logo      Dimensions logo




Didukung oleh :







Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-NonKomersial-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.