Rancang Bangun Prototipe Sistem Peringatan Jarak Aman pada Kendaraan Roda Empat Berbasis Mikrokontroler ATMEGA32

Rina Mardiati, Ferlin Ashadi, Gausan Farid Sugihara

Sari


Peningkatan jumlah kendaraan menyebabkan jalan raya menjadi semakin padat dan menimbulkan tingginya resiko kecelakaan lalulintas, ini merujuk pada data statistik dari Badan Pusat Statistik (BPS) daerah Jawa Barat. Peningkatan angka kecelakaan yang cukup tinggi ini disebabkan oleh faktor-faktor kesalahan atau kelalaian pengemudi (human error), sistem pada kendaraan dan faktor jalan. Oleh karena itu, dibutuhkan sebuah solusi yang dapat membantu mengurangi angka kecelakaan pada pengguna kendaraan khususnya kendaraan roda empat. Dengan menggunakan sensor ultrasonik berbasis mikrokontroler ATMEGA32 diharapkan menjadi sebuah sistem yang dapat membantu mengurangi angka kecelakaan khususnya pada kendaraan roda empat. Pada penelitian ini digunakan metode Action Research yaitu dengan melalui beberapa tahapan seperti data dan pengumpulan data, analisis kebutuhan, perancangan, implementasi, dan pengujian alat. Sistem ini memiliki cara kerja dengan memberikan suatu peringatan berupa bunyi dan tampilan ukuran jarak yang ditujukan untuk pengemudi kendaraan roda empat. Keluaran sistem dibuat melalui program yang disesuaikan dengan kebutuhan jarak aman seperti pada LCD mulai dari jarak 300 cm hingga 200 cm menampilkan “HATI-HATI”, dan 200 cm hingga 0 cm menampilkan “BERBAHAYA”. Pada buzzer mulai dari jarak 300 hingga 200 cm berbunyi satu kali dengan tempo yang lambat secara berulang, 200 hingga 150 cm berbunyi dua kali dengan tempo lambat secara berulang, 150 hingga 100 cm berbunyi dua kali dengan tempo sedang secara berulang, 100 hingga 50 cm berbunyi dua kali dengan cepat secara berulang, 50 hingga 10 cm berbunyi dua kali dengan tempo lebih cepat secara berulang, 10 hingga 0 cm berbunyi panjang satu kali secara berulang. Pada saat pengujian alat telah dilakukan pada kendaraan dapat disimpulkan bahwa alat bekerja sesuai dengan program yang dibuat dan alat dapat bekerja secara optimal ketika kendaraan roda empat berjalan pada laju kecepatan maksimum 50 km/jam. 

 


Kata Kunci


jarak aman; kendaraan roda empat; mikrokontroler ATMEGA32; sensor ultrasonic

Teks Lengkap:

PDF


Dilihat:
Sari 940 kali
PDF 417 kali

Referensi


Defi, Riana Mahadji Putri. 2009. “Prototipe Pemodelan Parking Assistant Menggunakan Sensor Jarak Pada Kendaraan Roda Empat”. Artikel Penelitian. Fakultas Elektro Jurusan Teknik Elektro Universitas Negeri Semarang.

Dwi, Febrika Ambarwati. 2012. “Perancangan Prototipe Pendeteksi Jarak Aman Pada Mobil Berjalan Menggunakan Sensor Ultrasonik Berbasis Mikrokontroler ATMEGA8”. Proyek Akhir Diploma, Bandung. Fakultas Elektro dan Komunikasi, Institut Teknologi Telkom.

Wahyana, Budi dan Maulana Robert. 2011. “Rancang Bangun Sistem Peringatan Parkir Kendaraan Bermotor Roda Empat Menggunakan Suara Dan Sensor Jarak Ping”. Naskah Publikasi, Yogyakarta. Jurusan Teknik Informatika, Sekolah Tinggi Manajemen Informatika Dan komputer Amikom.

Wirdasari Dian. 2010. ”Membuat Program Dengan Menggunakan Bahasa C”. Jurnal SAINTIKOM, STMIK Trigunadharma.

http://jabar.bps.go.id/publikasi_BPS/transportasi2012.pdf




DOI: https://doi.org/10.15575/telka.v2n1.53-61

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Jurnal TELKA terindex oleh :


            Crossref logo           


Onesearch logo     IPI logo      Dimensions logo




Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-NonKomersial-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.