Analisis Perencanaan Secara Ekonomi Pembangkit Listrik Tenaga Hibrid Terbarukan (Studi Kasus: Kabupaten Gunung Kidul Yogyakarta)

Lia Kamelia, Khusnul Kharisma, Afaf Fadhil

Sari


Pembangunan PLTH di Indonesia membutuhkan perencanaan dan perhitungan yang tepat sehingga diharapkan dapat membangun pembangkit listrik hibrid menggunakan energi terbarukan yang sesuai seperti yang diharapkan. Salah satu hal yang perlu diperhatikan dalam proses pembangunan pembangkit listrik adalah keadaan topografi suatu wilayah, misalnya kecepatan angin dan intensitas penyinaran matahari. Lokasi yang dipilih pada penelitian ini adalah Gunung Kidul, Yogyakarta. Salah satu alasannya karena kondisi alam di daerah tersebut sangat berpotensi menghasilkan energi, terutama energi panas matahari dan energi tenaga angin. Setelah ditemukan lokasi yang tepat untuk penerapan PLTH, dilakukan analisis beban dan energi yang dihasilkan oleh sistem pembangkit. Analisis tersebut disimulasikan menggunakan software HOMER yang outputnya berupa analisis kelistrikan, arus keuangan (cash flow), emisi serta kelayakan investasi. Energi yang dihasilkan pembangkit digunakan untuk distribusi air, kelistrikan rumah tangga serta penerangan jalan. Total beban yang harus dipenuhi yaitu sebesar 157,36 kWh dalam sehari pemakaian atau 4.720,86 kWH dalam sebulan. Dari hasil simulasi HOMER, pembangkit listrik yang direkomendasikan yaitu 40 kW PV, 5 kincir angin 50 kW, 240 buah baterai 12 VDC serta inverter 400 kW. Dari kedua pembangkit listrik tersebut dihasilkan energi sebesar 77.494 kWh/tahun yang didapat dari PV yang menghasilkan energi sebesar 56.570 kWh/tahun dan tenaga angin yang menghasilkan 20.924 kWh/tahun. Dari output sebesar itu, diperoleh harga per-kWh energi  sebesar $0,152/kWh. Sistem pembangkit akan mencapai BEP pada tahun ke-14 setelah sistem berjalan dan setelah tahun ke-15, keuntungan pertahunnya sebesar Rp. 73.645.416.  .

Kata Kunci


Gunung Kidul; HOMER; Perencanaan; PLTH

Teks Lengkap:

PDF


Dilihat:
Sari 2847 kali
PDF 1325 kali

Referensi


Department of Settlements and Regional Infrastructure “Atlas Gunung Kidul Regency”, Maret 2005.

BPS Kabupaten Gunung Kidul, “Gunung Kidul Dalam Angka 2013”,

HOMER, “Users Guide HOMER Contextual Help”, 2011.

NSW Department of Planning, “Discussion Paper On Planning For Renewable Energy Generation: Solar Energy”, Consultation Draft – Not Government Policy, April 2010

Tidball, Rick; Joel Bluestein; Nick Rodriguez; Stu Knoke, “Cost and Performance Assumptions for Modeling Electricity Generation Technologies”,NREL Laboratory , ICF International Fairfax Virginia, 2010

Yayienda, Nibras Fitrah, “Energy and Problem Analysis of High Voltage System in Pandansimo Hybrid Power”, Department of Engineering Physics ITS Surabaya, 2012.

Marsudi, Djiteng, “Operasi Sistem Tenaga Listrik”, Graha Ilmu , 2006.




DOI: https://doi.org/10.15575/telka.v3n1.13-27

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Jurnal TELKA terindex oleh :


     moraref logo       Crossref logo        sinta logo     base logo


Onesearch logo     IPI logo      Dimensions logo




Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-NonKomersial-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.