Deteksi Bentuk Objek Bawah Tanah Menggunakan Pengolahan Citra B-Scan pada Ground Penetrating Radar (GPR)

Rahmayati Alindra, Heroe Wijanto, Koredianto Usman

Sari


Ground Penetrating Radar (GPR) adalah salah satu jenis radar yang digunakan untuk menyelidiki kondisi di bawah permukaan tanah tanpa harus menggali dan merusak tanah. Sistem GPR terdiri atas pengirim (transmitter), yaitu antena yang terhubung ke generator sinyal dan bagian penerima (receiver), yaitu antena yang terhubung ke LNA dan ADC yang kemudian terhubung ke unit pengolahan data hasil survey serta display sebagai tampilan output-nya dan post  processing untuk alat bantu mendapatkan informasi mengenai suatu objek. GPR bekerja dengan cara memancarkan gelombang elektromagnetik ke dalam tanah dan menerima sinyal yang dipantulkan oleh objek-objek di bawah permukaan tanah. Sinyal yang diterima kemudian diolah pada bagian signal processing dengan tujuan untuk menghasilkan gambaran kondisi di bawah permukaan tanah yang dapat dengan mudah dibaca dan diinterpretasikan oleh user. Signal processing sendiri terdiri dari beberapa tahap yaitu A-Scan yang meliputi perbaikan sinyal dan pendektesian objek satu dimensi, B-Scan untuk pemrosesan data dua dimensi  dan C-Scan untuk pemrosesan data tiga dimensi. Metode yang digunakan pada pemrosesan B-Scan salah satunya adalah dengan  teknik pemrosesan citra. Dengan pemrosesan citra, data survey B-scan diolah untuk didapatkan informasi mengenai objek. Pada penelitian ini, diterapkan teori gradien garis pada pemrosesan citra B-scan untuk menentukan bentuk dua dimensi dari objek bawah tanah yaitu persegi, segitiga atau lingkaran.

 


Kata Kunci


GPR; B-SCAN; pengolahan citra; bentuk objek

Teks Lengkap:

PDF


Dilihat:
Sari 2790 kali
PDF 1047 kali

Referensi


C. M. Rappaport (2007), "Accurate Determination of Underground GPR Wavefront and B-Scan Shape From Above-Ground Point Sources," in IEEE Transactions on Geoscience and Remote Sensing, vol. 45, no. 8, pp. 2429-2434,.

C. Ozdemir, S. Demirci, dan E. Yigit (2008), Practical Algorithms to Focus B-Scan GPR, Progress in Electromagnetics Research (PIER), Vol.6, pp 109-122

Lu Gan, Long Zhou, Xinge You dan Juan Xiao (2012), "The instantaneous frequency extraction of GPR B-scan data based on HHT method," 2012 International Conference on Machine Learning and Cybernetics, Xian, pp. 982-985.




DOI: https://doi.org/10.15575/telka.v3n1.73-83

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Jurnal TELKA terindex oleh :


     moraref logo       Crossref logo        sinta logo     base logo


Onesearch logo     IPI logo      Dimensions logo




Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-NonKomersial-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.