Perancangan dan Realisasi Solar Tracking System Untuk Peningkatan Efisiensi Panel Surya Menggunakan Arduino Uno

Kodrat Wirawan Fauzi, Teguh Arfianto, Nandang Taryana

Sari


Pada saat ini panel surya sudah banyak digunakan di wilayah Indonesia, telah banyak dimanfaatkan untuk menghasilkan energi listrik, yaitu dengan menggunakan panel surya yang dapat mengubah energi matahari menjadi energi listrik. Dalam hal ini kebanyakan solar cell yang terpasang kebanyakan bersifat statis atau diam, mengakibatkan penyerapan energi matahari oleh solar cell kurang optimal. Untuk mendapatkan energi matahari yang maksimal, maka posisi panel surya tersebut harus selalu tegak lurus terhadap arah datangnya sinar matahari. Pada penelitian ini telah dirancang sistem mekanis yang dapat menggerakkan posisi panel surya agar selalu mengikuti arah pergerakan matahari yang diberi nama solar tracking system. Solar tracking system yang dibuat merupakan prototype, solar tracker ini berfungsi untuk mengoptimalkan penerimaan energi matahari oleh solar cell. Sistem ini bekerja dengan adanya 2 buah sensor peka cahaya (LDR) yang membaca pergerakan matahari ditempatkan di beberapa sudut pada panel surya, lalu output LDR terhubung pada pin analog arduino, arduino akan mengolah data dari sensor LDR sehingga motor akan menggerakan solar cell ke kiri atau ke kanan sesuai perintah. Ada beberapa komponen yang digunakan pada perancangan solar tracking system ini yaitu acccu, solar charge controller, voltage regulator dan sebuah LCD. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan metoda solar tracking system, maka total jumlah energi yang dihasilkan lebih besar dibandingkan panel surya statis.

Kata Kunci


Panel Surya Dinamis; Sistem Pelacak Matahari; Arduino Uno; Solar tracker dengan sensor LDR

Teks Lengkap:

PDF


Dilihat:
Sari 1682 kali
PDF 490 kali

Referensi


Swetash Mani Shrivastava, Dual Axis Solar Tracker, 2013

Frank D, Petruzella. 1996. Industrial Elektronics. International Editions. Singapore : Glencoe / McGraw-Hill.

Benny, Perancangan Dan Realisasi Kebutuhan Kapasitas Baterai Untuk Beban Pompa Air 125 Watt Menggunakan Pembangkit Listrik Tenaga Surya, 2015

Yudhi Andrian, Solar Tracking System Untuk Penyerapan Energi Matahari Pada Panel Surya

Fadhlullah, Khalid. Solar Tracking System Berbasis Arduino, Skripsi, Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar, 2017

Dhomo, Dedy. Pemanfaatan Mikrokontroler Sebagai Pengendali Solar Tracker Untuk Mendapatkan Energi Maksimal. 2007 Sistem Pelacak Matahari Menggunakan Arduino, Universitas Narotama Surabaya.

Nugroho, Alexander. Modul ATmega 328P

Electronics maker, Design of Automatic Solar Tracking Prototype




DOI: https://doi.org/10.15575/telka.v4n1.63-74

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Jurnal TELKA terindex oleh :


            Crossref logo           


Onesearch logo     IPI logo      Dimensions logo




Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-NonKomersial-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.