Studi Aliran Daya pada Saluran Distribusi Tegangan Menengah 20 kV di Kota Bandung

Agytia Indrajaya, Nasrun Hariyanto, Teguh Arfianto

Sari


Pertumbuhan konsumsi energi listrik di Indonesia sangat pesat begitu pula yang terjadi di kota Bandung apalagi dengan jumlah penduduk yang mencapai ± 3juta jiwa, maka oleh karena itu bisa dipastikan jika kebutuhan listrik di kota Bandung sangatlah penting. Oleh karena pentingnya sistem tenaga listrik harus beroperasi dengan baik, maka harus dilakukan studi aliran daya yang dapat mengetahui besaran daya, rugi-rugi, dan tegangan. Penelitian ini dilakukan dengan cara menghitung besarnya daya dan rugi-rugi pada sebuah jaringan, sehingga bisa dibandingkan dengan hasil simulasi menggunakan aplikasi ETAP. Pada penilitian ini difokuskan pada trafo 10 dengan penyulang CMC yang terdiri dari 5 gardu distribusi dengan hasil yang didapatkan bahwa nilai rugi-rugi total masih berada pada batas aman sesuai dengan S-PLN d3002-1;2007 yaitu <5% untuk total daya sebesar 780 kW dan total rugi-rugi sebesar 10,5 kW.


Kata Kunci


Aliran daya; distribusi tegangan menengah; arus beban; Standard PLN (SPLN)

Teks Lengkap:

PDF


Dilihat:
Sari 61 kali
PDF 14 kali

Referensi


Buku 1 (2010): Kriteria Disain Enjinering Konstruksi Jaringan Distribusi Tenaga Listrik. PT. PLN.

Dharmawan, Ari. (2000): Perhitungan Rugi-Rugi Daya dan Energi Pada Jaringan Distribusi Tegangan Menengah 20 KV Dengan Metoda Gauss-Seidel. Laporan Tugas Akhir Jurusan Teknik Elektro Institut Teknologi Nasional. Bandung.

Saadat, H. (2002): Power System Analysis, Second Editon, McGraw-Hill Primis, Singapore.

Sulistiyono, Dwi. (2011): Perbandingan Metode Gauss-Seidel, Metode Newton Raphson Dan Metode Fast Decoupled Dalam Solusi Aliran Daya. Jurnal Jurusan Teknik Elektro Universitas Diponegoro, 8-11.

Wibowo, Doni. (2008): Studi Aliran Daya Pada Subsistem Bandung Selatan Menggunakan Metode Newton Raphson. Laporan Tugas Akhir Jurusan Teknik Elektro Institut Teknologi Nasional. Bandung

Zuhal. 1998. “Dasar Teknik Listrik dan Elektronika Daya”. Jakarta : Gramedia

ELECTRIC MACHINERY FUNDAMENTALS, by Stephen J. Chapman, second edition, McGRAW-HILL INTERNATIONAL EDITION. Electrical Engineering Series.




DOI: https://doi.org/10.15575/telka.v4n2.121-131

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Jurnal TELKA terindex oleh :


            Crossref logo           


Onesearch logo




Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-NonKomersial-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.