Rancang Bangun Voice Over Internet Protocol dan GSM Gateway Berbasis Raspberry Pi

Ardi Windiarto, Kholilatul Wardani

Sari


Makalah ini membahas desain layanan jaringan komunikasi VoIP Server menggunakan Raspberry Pi sebagai alat komunikasi wireless. VoIP server berbasis Raspberry Pi menggunakan sistem operasi RasPBX. Di dalam sistem operasi RasPBX sudah ada software asterisk yang berfungsi sebagai softswicth. Client VoIP menggunakan zoiper sebagai softphone. Alat ini dilengkapi dengan fitur GSM gateway yaitu fitur yang dapat menghubungkan jaringan VoIP ke jaringan GSM. Fitur GSM gateway ini menggunakan modem GSM sebagai jembatan yang menghubungkan jaringan VoIP dengan jaringan GSM. Persentase keberhasilan panggilan VoIP ke VoIP, VoIP ke GSM, dan GSM ke VoIP mencapai 100%. Berdasarkan hasil pengujian Quality of services (QoS) pada panggilan VoIP ke GSM, dihasilkan rata-rata delay sebesar 12,11 ms yang termasuk dalam kategori kualitas baik, Troughput sebesar 0,151, jitter sebesar 0,052 ms yang termasuk dalam kategori kualitas baik, dan packet loss sebesar 0% yang termasuk dalam kategori kualitas sangat baik. Jangkauan maksimal antara client VoIP ke server agar komunikasi berjalan dengan baik adalah 100 meter dalam kondisi Line Of Sight (LOS). Pengujian dengan jarak 25 m dalam kondisi Non Line Of Sight (NLOS), masih menghasilkan komunikasi yang baik. Berdasarkan hasil pengujian kuisioner dari 30 pengguna, dihasilkan nilai MOS 3,88 yang termasuk dalam kategori kualitas cukup baik.

Kata Kunci


Telekomunikasi; VoIP; GSM; Raspberry Pi; Gateway

Teks Lengkap:

PDF


Dilihat:
Sari 90 kali
PDF 61 kali

Referensi


E. S. Permadi, “Rancang Bangun Jaringan Komunikasi VoIP Server Portable Menggunakan Raspberry Pi.,” Tek. Telekomun. Politek, Kota Malang, 2015.

H. Khuluq, “Implementasi VOIP (Voice Over Internet Protocol) Server Berbasis Raspberry pi Sebagai Media Komunikasi,” Edutic-Scientific Journal of Informatics Education, vol. 3, no. 1, pp. 44-47, 2016.

E. A. Z. Hamidi, M. R. Effendi dan H. W. Widodo, “Prototipe Layanan VoIP Pada Jaringan OpenFlow,” TELKA, vol. 4, no. 1, pp. 33-42, 2018.

A. Pradipta, A. W. W. Nugraha dan I. Setiawan, “Unjuk Kerja Voice Over Internet Protocol pada Jaringan Lokal Universitas Jenderal Soedirman,” Dinamika Rekayasa, vol. 8, no. 2, pp. 56-62, 2012.

A. Setiawan, “Analisis Simulasi Mobile VoIP (Voice Over Internet Protocol) Berbasis SIP (Session Initiation Protocol) Pada Jaringan Wireless di Gedung FTI UKSW,” Program Studi Teknik Informatika FTI-UKSW, Salatiga, 2013.

H. Cahyono, “Implementasi Server VoIP IP PBX untuk Meningkatkan Kualitas Layanan PABX,” Universitas Kanjuruhan Malang, Malang, 2012.

B. Yonathan, Y. Bandung dan A. Z. Langi, “Analisis Kualitas Layanan (QoS) audio-video layanan kelas virtual di jaringan digital learning pedesaan,” dalam Proceeding of Konferensi Teknologi Informasi dan Komunikasi untuk Indonesia, Bandung, 2011.




DOI: https://doi.org/10.15575/telka.v5n1.55-64

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Jurnal TELKA terindex oleh :


            Crossref logo           


Onesearch logo     IPI logo




Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-NonKomersial-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.