Rancang Bangun Robot Pemadam Api Menggunakan Kontrol Bluetooth dan Virtual Reality

Denni Kurnia, Rina Mardiati, Mufid Ridlo Effendi, Aan Eko Setiawan

Sari


Robot bermanfaat untuk membantu manusia dalam melakukan pekerjaan yang membutuhkan ketelitian tinggi, membutuhkan tenaga besar, pekerjaan yang berulang, dan pekerjaan yang berbahaya. Saat ini, robot dikembangkan dengan berbagai desain dengan tujuan-tujuan tertentu, salah satunya adalah robot pemadam api. Robot pemadam api yang sudah dikembangkan sebelumnya, pada umumnya sistem navigasinya berbasis otonom. Pada penelitian ini akan dilakukan sebuah rancang bangun robot pemadam api yang berbasis mikrokontroler Arduino Uno, dengan kontrol navigasi oleh manusia (tidak otonom) melalui Bluetooth. Piranti penglihatan robot pemadam api dibangun menggunakan Virtual Reality Box yang dipakai oleh user untuk mengarahkan gerak robot pemadam api. Instruksi pergerakan robot yang dilakukan oleh user dikirim ke sistem robot melalui Bluetooth. Selain dari itu, robot pemadam api yang dibangun memiliki fitur tambahan proteksi menggunakan sensor ultrasonik, yang berfungsi sebagai fungsi yang melindungi robot dari tabrakan. Fitur proteksi ini akan berfungsi mengunci gerakan robot, jika terdeteksi objek penghalang pada jarak tertent, sehingga instruksi dari user tidak akan dieksekusi jika fitur proteksi ini sedang dalam status on. Pada penelitian ini, dilakukan beberapa pengujian untuk mengetahui kinerja fungsi-fungsi robot yang sudah dibangun. Berdasarkan hasil pengujian secara keseluruhan, diperoleh bahwa fungsi-fungsi dan fitur yang dibangun pada robot ini memiliki kinerja yang baik, dan berjalan sesuai tujuan yang ingin dicapai. Kesimpulan khusus, bahwa komunikasi user dengan robot pemadam api melalui koneksi Bluetooth memiliki kinerja baik pada rentang maksimal 16 meter.

Kata Kunci


Arduino Uno; Bluetooth; Flame sensor; Robot; Ultrasonik; VR

Teks Lengkap:

PDF


Dilihat:
Sari 17 kali
PDF 5 kali

Referensi


S. dan Indra Gunawan, “Robot pemadam api menggunakan sensor ultrasonic dan flame sensor berbasis mikrokontroler arduino uno,” Jurnal Ilmiah Trendtech, vol. 2, no. 3, pp. 9–17, 2017.

W. K. Syahrul Yoga Pradana, Fitri Utaminingrum, “Deteksi titik api terpusat menggunakan kamera dengan notifikasi berbasis sms gateway pada raspberry pi,” Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer, vol. Vol. 2, no. No. 12,, pp. 7183–7191, Desember 2018.

H. S. Amri, “Sensor uvtron sebagai pendeteksi api pada robot pemadam api berbasis mikrokontroler atmega8535,” Ph.D. dissertation, Universitas Sebelas Maret, 2016.

E. Safrianti, R. Amri, and S. Budiman, “Prototype robot pemadam api beroda menggunakan teknik navigasi wall follower,” Jurnal Rekayasa Elektrika, vol. 10, no. 2, pp. 83–91, 2012.

F. Suryatini and J. Kustija, “Robot cerdas pemadam api menggunakan ping ultrasonic range finder dan uvtron flame detector berbasis mikrokontroler atmega 128,” electrans, vol. 12, no. 1, pp. 29–38, 2013.

M. D. Tobi, “Rancang bangun robot beroda pemadam api menggunakan arduino uno rev. 1.3,” Electro Luceat, vol. 1, no. 1, 2015.

Ikhsan, “Implementasi robot avoider dalam robot lien follower berbasis robot edukasi atmega32,” Jurnal Teknologi Informasi dan Pendidikan, vol. 9, no. 3, pp. 50–58, 2016.




DOI: https://doi.org/10.15575/telka.v5n2.139-146

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Jurnal TELKA terindex oleh :


            Crossref logo           


Onesearch logo     IPI logoDimensions logo




Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-NonKomersial-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.