Rancang Bangun Alat Ukur Temperatur dan Kelembapan Sistem Pengkondisi Udara pada Kereta Rel Diesel Elektrik
Sari
Air conditioning (AC) merupakan salah satu faktor penunjang kenyamanan penumpang transportasi kereta api. Sistem pengkondisi udara berkaitan erat dengan besaran termal berupa temperatur dan kelembapan yang memiliki standar khusus untuk tingkat kenyamanan penumpang. Nilai temperatur dan kelembapan diketahui dengan pengukuran yang menghasilkan nilai akurat atau terkalibrasi mengacu pada Peraturan Menteri 175 tahun 2015 yang dirujuk dari standar UIC 533 al. Pada penelitian sebelumnya, alat ukur temperatur dan kelembapan kurang efisien karena pengambilan data hanya berasal dari satu titik tertentu, sehingga peneliti merancang bangun alat ukur yang mengukur nilai temperatur dan kelembapan pada delapan titik pengukuran secara bersamaan menggunakan transduser DHT22. Data yang ditampilkan alat ukur adalah data hasil pengujian pada Kereta Rel Diesel Elektrik (KRDE) yaitu nilai temperatur dan kelembapan. Data tersebut dapat diakses dari hasil penyimpanan modul kartu memori. Alat ukur ini digunakan secara nirkabel atau wireless. Hasil penelitian ini menunjukan nilai error pada temperatur sebesar 6 % dan pada kelembapan sebesar 35 %. Error yang terdapat pada SMD22 dapat diterima.
The air conditioning system (AC) is one of the factors supporting passenger comfort in rail transportation. The air conditioning system is closely related to thermal quantities in the form of temperature and humidity which have special standards for the level of passenger comfort. Temperature and humidity values are known by measuring instruments that produce accurate or calibrated values referring to PM 175 of 2015 which is referenced from the UIC 553 standard. In previous studies, temperature and humidity measuring instruments were less efficient because the data taken only came from one particular point, so the researchers designed a measuring instrument that measured the temperature and humidity values at eight measurement points simultaneously using a DHT22 transducer. Data displayed by measuring instrument is result testing on the Electric Diesel Rail Train room, namely temperature and humidity values. And the data can be accessed from the results of storage on the memory card module. The goals of this research are the characteristics of measuring instruments for measuring temperature and humidity of 8 measurement points in realtime and the measurement data stored on a memory card. This measuring instrument is used wirelessly. The results of this study are temperature and humidity data with error values at temperature of 6% and humidity of 35%. Errors contained in SMD22 are acceptable.
Kata Kunci
Teks Lengkap:
PDFDilihat:
Referensi
D. S. O. Arief Darmawan, Bagoes Eko Y, Sunaryo, “Peningkatan Keamanan Perjalanan Kereta Api Dengan Penggunaan Sistem Axle Counter dan Media Transmisi Fiber Optic Untuk Hubungan Blok Di Persinyalan Vpi (Studi Kasus Hubungan Blok Stasiun Surodadi – Pemalang),” J. Perkertaapian Indones., Vol. 1, No. 9, Pp. 15–28, 2017.
T. Hidayat And F. R. Restu, “Pengembangan Desain Sistem Pengkondisian Udara Kereta Api Oleh PT. INKA (Persero),” J. Penelit. Transp. Darat, Vol. 19, No. 1, P. 13, Apr. 2018, Doi: 10.25104/Jptd.V19i1.603.
L. Ulfa And R. Hantoro, “Analisis Temperatur dan Aliran Udara Pada Sistem Tata Udara Di Gerbong Kereta Api Penumpang Kelas Ekonomi Dengan Variasi Bukaan Jendela,” Jurnal Teknik POMITS Vol. 1, No. 1, Pp. 1–6, 2012.
Sapta H. Sinaga, “Rancang Bangun Sistem Monitoring Suhu dan Kelembapan Ruangan Menggunakan Nrf24l01 Berbasis Arduino,” Repository Institut Universitas Sumatera Utara, 2020.
Uni-Trend Technology (China) Co., Ltd “UT333S Digital Temperature and Humidity Meter Manual”
T. S. Lutfi Maulida, "Sensor Temperatur Ruangan Untuk Mengetahui Temperatur Rataan Pada Kereta Api," Jurnal Tugas Akhir Universitas Negeri Malang No. 2, 2019.
E. Sijabat, “Monitoring Suhu dan Kelembaban Udara Menggunakan Sensor DHT22 Berbasis Iot (Internet of Things)” Repository Universitas Sumatera Utara, 2020
F. Puspasari, T. P. Satya, U. Y. Oktiawati, I. Fahrurrozi, And H. Prisyanti, “Analisis Akurasi Sistem Sensor DHT22 Berbasis Arduino Terhadap Thermohygrometer Standar,” J. Fis. Dan Apl., Vol. 16, No. 1, P. 40, 2020, Doi: 10.12962/J24604682.V16i1.5776.
H. Manik, S. Susilohadi, And B. R. Kusumah, “Rancang Bangun Transmitter dan Receiver Untuk Sistem Komunikasi Akustik Bawah Air,” J. Rekayasa Elektr., Vol. 15, No. 3, 2020, Doi: 10.17529/Jre.V15i3.14498.
Taryana Suryana, “Implementasi Modul Nirkabel nRF24l01+ Sebagai Media Pengiriman dan Penerimaan Data Dengan Antarmuka NodeMCU” Modul Ajar Nirkabel nRF24L01+ Pp. 1–26, 2021.
S. Wardoyo, R. Munarto, And V. P. Putra, “Rancang Bangun Data Logger Suhu Menggunakan Labview.” Jurnal Ilmiah Elite Elektro. Vol 4 No.1, 2013.
Kementerian Perhubungan Republik Indonesia, "Peraturan Menteri 175 Tahun 2015 Tentang Standar Spesifikasi Teknis Kereta Kecepatan Normal Dengan Penggerak Sendiri," Peraturan Menteri, 2015.
A. D. Hendra Saptadi Sekolah Tinggi Teknologi Telematika Telkom Purwokerto Jl I Panjaitan No, “Perbandingan Akurasi Pengukuran Suhu dan Kelembaban Antara Sensor DHT11 Dan DHT22 Studi Komparatif pada Platform Atmel AVR Dan Arduino,” Jurnal Infotel Vol. 6 No. 2, 2014.
Union International Des Chemins De Fer, “UIC Standart - Code 553-1.” 2005.
T. Kementerian Riset And D. P. Tinggi, “Peraturan Menteri Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi Nomor 42 Tahun 2016 Tentang Pengukuran dan Penetapan Tingkat Kesiapterapan Teknologi,” P. 2016, 2016.
Aosong (Guanzhou) Electronics Co., Ltd “Digital Output Relative Humidity & Temperature Sensor (Dht22),” Pp. 1–7.
M. Yusro And A. Diamah, "Sensor & Transduser Teori Dan Aplikasi," Buku Ajar Program Studi Pendidikan Teknik Elektronika Universitas Negeri Jakarta, 2019.
DOI: https://doi.org/10.15575/telka.v8n2.126-137
Refbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.
Jurnal TELKA terindex oleh :
Didukung oleh :
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-NonKomersial-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.