Pengembangan Sistem pengontrol Greenhouse melalui Web dengan Interaksi Jejaring Media Sosial Facebook

Oktaf Brillian Kharisma

Sari


Perkembangan teknologi menyebabkan adanya keterkaitan antara teknologi yang satu dengan lainnya, seperti teknologi informasi dan teknologi kendali yang berbasis web melalui jaringan internet. Bahkan dibidang pertanian khususnya dalam pengontrol greenhouse, teknologi masih sangat dibutuhkan. Karena selama ini pengolahan tanaman dalam greenhouse mulai dari pemantauan dan pengendalian masih dilakukan secara manual. Salah satu solusi yang ditawarkan dalam penelitian adalah dengan membuat sebuah sistem pengontrol greenhouse melalui web yang meliputi pengaturan suhu dan kelembaban, pengaturan intensitas cahaya dan menentukan waktu penyiraman yang semua dapat di kendalikan dan dipantau melalui web dengan jaringan internet secara real time ataupun terjadwal yang kemudian hasilnya dapat juga di pantau melalui media sosial facebook. Hasil pengujian menunjukkan bahwa sistem telah bekerja dengan baik untuk proses penyiraman dan pemantauan melalui aplikasi web yang telah dibuat. Sedangkan dalam proses post data ke facebook juga 100% berhasil. Hal ini bergantung pada
koneksi jaringan internet.

Kata Kunci


kontrol; greenhouse; web server; facebook API; sensor

Teks Lengkap:

PDF


Dilihat:
Sari 1008 kali
PDF 612 kali

Referensi


Alexander Rahardjo,dkk , Rancang Bangun Aplikasi Pengaturan Dan Pengendalian Suhu Ruang Server Berbasis Web Service Dan Sms Gateway, http://digilib.its.ac.id/public/ITS-Undergraduate-15329-Paper-pdf.pdf download 1 Januari 2015, 06.30 WIB.

Doss, George M .2000. Tip Sistem Operasi Red-Hat, Jakarta : PT Elex Media Komputindo.

Jason, W. Gilmore. 2010. Beginning PHP and MySQL From Novice to Professional 4th Edition. Apress.

Richard, Wagner .2008. Building Facebook Applications for Dummies, Willey Publishing Inc.

Samson, Technocal Informationx, Serial Data Transmission, http://www.samson.de/pdf_en/l153en.pdf, download 4 Februari 2015, 17.00 WIB.

http://devitasari74.wordpress.com/2013/01/08/peluang-usaha-pertanian-dengan-greenhouse/, diakses 3 Januari 2015, 17.00 WIB.




DOI: https://doi.org/10.15575/telka.v2n2.138-149

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Jurnal TELKA terindex oleh :


            Crossref logo           


Onesearch logo     IPI logo      Dimensions logo




Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-NonKomersial-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.