Pemantauan Real-Time Kecepatan dan Lokasi Sepeda Motor Berbasis IoT untuk Keselamatan Berkendara

Sutedjo Sutedjo, Diah Septi Yanarat, Roshina Ayu Milladah, Renny Rakhmawati, Ahmad Firyal Adila, Irianto Irianto

Sari


Penggunaan sepeda motor oleh remaja yang baru memiliki SIM menjadi perhatian serius. Banyak dari mereka mengendarai dengan tingkat emosi tinggi, yang tidak hanya membahayakan diri mereka sendiri tetapi juga orang lain di sekitar mereka. Oleh karena itu, pengawasan ketat dari orang tua sangat diperlukan untuk mencegah kecelakaan. Meskipun sepeda motor pada umumnya aman, risiko kecelakaan meningkat secara signifikan karena kecepatan berlebihan dan penggunaan di jalan raya yang tidak sesuai. Untuk mengatasi masalah ini, penelitian ini mengembangkan sistem monitoring kecepatan dan lokasi sepeda motor menggunakan IoT. Sistem ini bertujuan untuk melacak kecepatan dan lokasi sepeda motor secara real-time, memastikan agar mereka tidak melebihi batas kecepatan aman dan menghindari rute berbahaya. Dengan demikian, orang tua dapat dengan cepat mengetahui posisi anak mereka dan merespons situasi darurat jika diperlukan. Sistem ini menggunakan mikrokontroler STM32F103C8T6, sensor kecepatan, dan sensor lokasi, dengan perangkat Android sebagai antarmuka pengguna. Hasil pengujian menunjukkan bahwa sensor kecepatan yang diuji memiliki akurasi yang baik. Untuk pengukuran kecepatan dalam rpm, pada tachometer 60,4 rpm, speedometer 58,946 rpm dan sensor mencatat 60 rpm dengan kesalahan 0,66% terhadap tachometer dan 1,78% terhadap speedometer. Untuk pengukuran kecepatan dalam km/jam, pada speedometer 5 km/jam dan sensor mencatat 5 km/jam dengan persentase error 0%, pada speedometer 30 km/jam dan sensor mencatat 31 km/jam dengan persentase error 3,3%. Pengujian sensor lokasi juga menunjukkan akurasi yang baik, yang diverifikasi dengan Google Maps. Dalam sistem ini data latitude dan longitude akan terus berubah sesuai pergerakan sepeda motor, untuk tetap memastikan pemantauan posisi secara real-time.

 

The use of motorcycles by newly licensed teenagers is a serious concern due to their often high emotional state, posing risks not only to themselves but also to others. Hence, strict parental supervision is crucial to prevent accidents. While motorcycles are generally safe, the risk of accidents significantly increases due to excessive speed and improper road usage. To address this issue, this study developed an IoT-based system for monitoring motorcycle speed and location. The system aims to track these metrics in real-time, ensuring adherence to safe speed limits and avoiding hazardous routes. This enables parents to quickly locate their children and respond to emergencies promptly. The system utilizes an STM32F103C8T6 microcontroller, speed sensor, and location sensor, with an Android device serving as the user interface. Test results demonstrate the accuracy of the speed sensor: at 60.4 rpm on the tachometer, the speedometer showed 58.946 rpm, while the sensor recorded 60 rpm with a 0.66% error against the tachometer and 1.78% against the speedometer. For speed measurements in km/h, the sensor accurately recorded 5 km/h when the speedometer read 5 km/h (0% error) and 31 km/h when the speedometer read 30 km/h (3.3% error). Location sensor testing confirmed its accuracy, validated by Google Maps. The system continually updates latitude and longitude data based on motorcycle movement, ensuring real-time position monitoring.


Kata Kunci


Kendaraan Sepeda Motor; Kecepatan Kendaraan; Lokasi; Mikrokontroller STM32F103C8T6; Perangkat Android

Teks Lengkap:

PDF


Dilihat:
Sari 53 kali
PDF 25 kali

Referensi


N. S. Kusumastutie, “Perilaku Berkendara Sepeda Motor Pada Remaja Berusia Di Bawah 17 Tahun,” Jurnal Keselamatan Transportasi Jalan (Indonesian Journal of Road Safety), vol. 5, no. 2, pp. 1–18, Dec. 2020, doi: https://doi.org/10.46447/ktj.v5i2.45.

A. Garuda, “Tingkat Kecelakaan Lalu Lintas 2024 Melonjak! Sepeda Motor Paling Sering Terlibat,” medcom.id, Oct. 11, 2024.

S. A. Marwantika and A. I. Marwantika, “Peran Pengawasan Orang Tua Terhadap Pengendara Motor Di Bawah Umur,” jurnal.iainponorogo.ac.id.

I. I. Ani, “Rancang Bangun Sistem Monitoring Jarak Tempuh dan Kecepatan sepeda Menggunakan Magnet Hall Sensor KY-003,” Politeknik Elektronika Negeri Surabaya, 2021.

A. Al Hamidy, “Rancang Bangun Sistem Monitoring Pemakaian Daya Listrik dan Gangguan Tegangan pada Beban Industri berbasis Mikrokontroler STM32F4,” Politeknik Elektronika Negeri Surabaya, 2021.

H. N. Syaddad, “Perancangan Sistem Keamanan Sepeda Motor Menggunakan GPS Tracker Berbasis Mikrokontroler Pada Kendaraan Bermotor,” Media Jurnal Informatika, vol. 11, no. 2, p. 26, Aug. 2020, doi: https://doi.org/10.35194/mji.v11i2.1035.

M. R. Taufik and T. Rahajoeningroem, “Sistem Pembatas Dan Monitoring Kecepatan Pada Sepeda Motor Melalui Smartphone Android,” repository.unikom.ac.id, Apr. 18, 2020. Available: https://repository.unikom.ac.id/51645/.

A. N. Maulidyna, “Monitoring Energi pada Mobil Traktor Listrik Berbasis IoT,” Politeknik Elektronika Negeri Surabaya, 2020.

J. V. Hutagaol, D. Setiawan, and H. Eteruddin, “Perancangan Sistem Monitoring Kendaraan Listrik,” JURNAL TEKNIK, vol. 16, no. 1, pp. 96–102, Apr. 2022, doi: https://doi.org/10.31849/teknik.v16i1.9640.

M. K. Hartono, “Pemanfaatan Mikrokontroler STM32F407 Pada Aplikasi Three-Level Buck DC-DC Converter (TLBC) Dengan Algoritma MPPT,” Oct. 2022.

F. Atoillah, J. Amirulloh, and A. R. G. Les, “Blocked,” Itbyadika.ac.id, 2024.

I. Syukhron, “Penggunaan Aplikasi Blynk untuk Sistem Monitoring dan Kontrol Jarak Jauh pada Sistem Kompos Pintar Berbasis IoT,” Electrician, vol. 15, no. 1, pp. 1–11, Jan. 2021, doi: https://doi.org/10.23960/elc.v15n1.2158.

N. Asih, D. Djamaludin, and V. S. Windyasari, “Perancangan Sistem Monitoring Keberadaan Objek Menggunakan GPS Tracker Dengan Interface Berbasis Aplikasi Telepon Pintar,” Jutis (Jurnal Teknik Informatika), vol. 10, no. 1, pp. 1–15, Apr. 2022.

Faturrahman, Karmilasari, “Sistem Monitoring Kendaraan Roda Dua Berbasis GPS, Akselerometer, Giroskop, Kamera Webcam yang Diakses Melalui Aplikasi Perpesanan Instan,” Jurnal Ilmiah Komputasi, vol. 20, no. 4, Dec. 2021, doi: https://doi.org/10.32409/jikstik.20.4.2809.

M. E. Mussi, M. Anisah, and F. Damsi, “Analisa Sistem Kerja Sensor Proximity Inductive Pada Alat Penyortir Barang Logam dan Non – Logam Berbasis PLC Glofa G7M – DR4040A,” Jurnal Teliska.

N. G. A. Oktari, A. Nurdin, and A. Rakhman, “Prototype Smart Home Menggunakan Modul Wifi ESP8266 Dengan Aplikasi Telegram,” Jurasik (Jurnal Riset Sistem Informasi dan Teknik Informatika), vol. 5, no. 2, p. 258, Aug. 2020, doi: https://doi.org/10.30645/jurasik.v5i2.211.

R. Fauzi, “Teknologi Implementasi Sistem Monitoring ESP8266 Menggunakan Firebase,” Telkommil, 2024.

Samsir and J. H. P. Sitorus, “Perancangan Sistem Monitoring Lokasi Kendaraan Menggunakan GPS U-Blox Berbasis Android,” Jurnal Bisantara Informatika, Jul. 2021.

S. Sidjabat, Okin Purba, and Osman Arofat, “Sosialisasi Batas Aman Kecepatan Sepeda Motor pada Siswa SMAN 62, Jakarta,” Jurnal Abdimas Transportasi & Logistik, vol. 3, no. 2, pp. 22–30, 2023, doi: https://doi.org/10.54324/j.atl.v3i2.1496.

S. A. Marwantika and A. I. Marwantika, “Peran Pengawasan Orang Tua Terhadap Pengendara Motor Di Bawah Umur,” Journal of Social Science and Education, 2020.




DOI: https://doi.org/10.15575/telka.v11n2.181-190

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Jurnal TELKA terindex oleh :


     moraref logo       Crossref logo        sinta logo     base logo


Onesearch logo     IPI logo      Dimensions logo




Didukung oleh :







Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-NonKomersial-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.