Rancang Bangun Sistem Peringatan Persimpangan Jalan Kampung Padat Penduduk Menggunakan ESP8266

Muhamad Waldi Maulana, Legenda Prameswono Pratama, Devan Junesco Vresdian, Mauludi Manfaluthy, Arisa Olivia Putri, Safaa Najah Saud Al-Humairi

Sari


Sistem peringatan keamanan lalu lintas pada pertigaan jalan telah dikembangkan pada penelitian ini. Sistem ini dirancang untuk mengganti penggunaan rambu dan alat bantu seperti cermin yang kurang efektif karena keterbatasan bidang pantulan dan gangguan akibat kondisi cuaca. Sensor PIR dan mikrokontroler ESP8266 digunakan untuk pemrosesan program pendeteksi kendaraan yang mendekati area pertigaan dengan pembagian skema menggunakan modul DOT MATRIC219. Penelitian ini memberikan beberapa skema pesan seperti ”STOP”, ”SLOW”, dan “HATI-HATI” dalam pemberian perintah disertakan isarat lampu merah, kuning dan hijau sebagai peringatan konvensional. Metode perancangan menggunakan basic pemrograman Arduino IDE. Dengan penerapan peringatan, pengendara dari berbagai arah diharapkan dapat meningkatkan kewaspadaan sehingga risiko kecelakaan di area pertigaan dapat dikurangi. Hasil penelitian menunjukkan sensor PIR dapat mendeteksi pergerakan ketika objek ditempatkan dengan jarak 50 cm sampai 325 cm dari sensor. Uji efektivitas sudut sensor PIR pada jarak 50 cm sampai 300 cm dengan sudut 0º sampai 60º sensor PIR dapat mendeteksi pergerakan. Logika sistem ESP8266 yang sudah diprogram berjalan dengan baik ketika menerima perintah maupun dalam keadaan standby.

 

This study developed a traffic safety warning system for T-junctions. It replaces traditional signs and mirrors, which are often less effective due to limited reflection and adverse weather. Specifically, the system uses passive infrared (PIR) sensors and ESP8266 microcontrollers to detect vehicles, while the DOT MATRIC219 module handles message display. Warning messages like "STOP," "SLOW," and "CAUTION" are shown with red, yellow, and green lights. These alerts provide clear visual warnings. For system design, an approach with Arduino IDE programming was employed. The purpose of these warning signals is to improve driver vigilance from all directions and reduce accident risk at T-junctions. Experimental results show that the PIR sensor reliably detects movement at distances between 50 cm and 325 cm and is effective within an angle range of 0º to 60º from 50 cm to 300 cm. Finally, the programmed ESP8266 logic works correctly in both command and standby modes.


Kata Kunci


ESP8266; traffic tight; sensor PIR; jalan pertigaan

Teks Lengkap:

PDF


Dilihat:
Sari 0 kali
PDF 0 kali

Referensi


R. Rohani, H. Hasyim, And Z. Pirjaturrofi, “Analisis Penentuan Lokasi Rawan Kecelakaan Lalu Lintas Dengan Metode Batas Kontrol Atas (Bka) Berbasis Geographic Information System (GIS) Di Kabupaten Lombok Tengah,” Ganec Swara, vol. 18, no. 2, p. 975, 2024, doi: 10.35327/gara.v18i2.885.

R. Indonesia, “UU no.22 tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan,” jakarta, 2009.

B. pusat Statistik, “Jumlah Kecelakaan, Korban Mati, Luka Berat, Luka Ringan, dan Kerugian Materi, 2022,” Tabel Statistik Transportasi, 2024. https://webapi.bps.go.id/v1/api/list/model/data/lang/ind/domain/0000/var/513/key/WebAPI_KEY (accessed May 16, 2024).

E. E. S. Putra, S. Y. Ratih, and L. Primantari, “Analisis Daerah Rawan Kecelakaan Lalu Lintas Jalan Raya Ngerong Cemorosewu,” J. Kacapuri J. Keilmuan Tek. Sipil, vol. 4, no. 2, p. 255, 2022, doi: 10.31602/jk.v4i2.6432.

M.Hafis Taufiqurrahman, “Analisa Kecelakaan Lalu Lintas Di Jalan Lintas Kepahiang Curup Kelurahan Durian Depun Kabupaten Kepahiang,” Politeknik Raflesia, 2024.

S. Muslimin, “Efektivitas Sudut Baca Sensor Pir Terhadap Jarak Objek Sebagai Pengendali Beban Lampu Pada Ruang Kelas,” Technologic, vol. 10, no. 1, 2019.

I. Bagus, “Pengembangan Smart Traffic Light Berbasis IoT Dengan Mobile Backend As A Service Sebagai Wujud Smart City Bidang Transportasi,” J. Portal Data, vol. 2, no. 10, 2022.

D. M. Ikhsan and R. Risfendra, “Sistem Peringatan Otomatis pada Jalan Tikungan,” JTEV (Jurnal Tek. Elektro dan Vokasional), vol. 6, no. 2, pp. 133–143, 2020.

D. Khudori, Menuju kampung pemerdekaan: membangun masyarakat sipil dari akar-akarnya: belajar dari Romo Mangun di pinggir Kali Code. Yayasan Pondok Rakyat, 2002.

I. Gunawan, “Analisis keamanan wifi menggunakan wireshark,” JES (Jurnal Elektro Smart), vol. 1, no. 1, pp. 7–9, 2021.

F. I. Pasaribu, N. Evalina, M. N. A. Nasution, E. S. Nasution, and A. Amiruddin, “Perancangan sistem pengamanan pada jalan tanjakan dan turunan yang bertikungan,” in Prosiding Seminar Nasional Teknik UISU (SEMNASTEK), 2022, vol. 5, no. 1, pp. 126–134.

O. A. Putra and R. Handika, “Rancang Bangun Sistem Keamanan Lalu Lintas Menggunakan Smartphone Dan Esp32cam Berbasis Arduino Mega 2560,” J. Sains Dan Teknol., vol. 2, no. 2, pp. 72–82, 2022.

D. Setiawan, “Sistem Peringatan Pada Pengendara Yang Berpapasan Ditikungan Tajam Berbasis Mikrokontroller,” J. SAINTIKOM (Jurnal Sains Manaj. Inform. dan Komputer), vol. 18, no. 1, pp. 11–16, 2019.

S. D. Riskiono, D. Septiawan, A. Amarudin, and R. Setiawan, “Implementasi Sensor Pir Sebagai Alat Peringatan Pengendara Terhadap Penyeberang Jalan Raya,” MIKROTIK J. Manaj. Inform., vol. 8, no. 1, pp. 55–64, 2018.

M. Reski and K. Budayawan, “Smart Traffic Light Berbasis Arduino,” Voteteknika (Vocational Tek. Elektron. dan Inform., vol. 9, no. 3, pp. 16–23, 2021.

M. Wijayanti, “Prototype Smart Home Dengan Nodemcu Esp8266 Berbasis IoT,” J. Ilm. Tek., vol. 1, no. 2, pp. 101–107, 2022.




DOI: https://doi.org/10.15575/telka.v11n3.399-410

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Jurnal TELKA terindex oleh :


     moraref logo       Crossref logo        sinta logo     base logo


Onesearch logo     IPI logo      Dimensions logo




Didukung oleh :







Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-NonKomersial-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.