Analisis Kualitas Layanan QoS Video Conference pada Jaringan 4G LTE dengan Menggunakan Codec H.264

Anggar Wati, Suroso Suroso, Sarjana Sarjana

Sari


Video conferencing adalah layanan komunikasi interaktif jarak jauh yang dapat mempertemukan dua orang atau lebih dengan memanfaatkan layanan internet broadband. Layanan ini dapat mengirim dan menerima data dalam bentuk audio dan video secara simultan atau teknik pengiriman secara dua arah. Data berupa audio dan video yang memiliki bandwidth cukup besar sehingga membutuhkan jaringan yang mampu memenuhi kebutuhan bandwidth. Oleh karena itu, dipilih jaringan 4G LTE sebagai jaringan yang melakukan layanan video conference. Dalam penelitian ini jenis video conference yang dipilih adalah video conference multipoint dengan 4 provider yang berbeda - beda. Pengamatan dilakukan selama sebulan di gedung Politeknik Negeri Graha Sriwijaya. Hasil penelitian ini telah menyimpulkan bahwa provider A lebih unggul dari provider lain. di mana provider A hanya memiliki penundaan 6,03 ms dan packet loss hanya 0,2%. Kemudian provider D menempati urutan kedua, provider C menempati urutan ketiga dan terakhir provider B. Begitu juga penggunaan provider data A memiliki lebih banyak penggunaan data internet daripada penyedia lainnya. Ini dibuktikan dengan kualitas yang ditawarkan dan kejelasan gambar selama video conference.


Kata Kunci


Codec H.264; LTE; Multipoint; QOS; Video Conference

Teks Lengkap:

PDF


Dilihat:
Sari 32 kali
PDF 15 kali

Referensi


Astria, Ayu Ananda. 2013. Analisis Pengaruh Rain Fading Terhadap Kualitas Layanan High Speed Downlink Packet Access (Hsdpa) Pada Penggunaan Video Conference . Jurnal Skripsi Falkutas Teknik Universitas Brawijaya.

Haykal, Muhamad. 2011. Analisis Perbandingan Efisiensi Dan Efektifitas Antara Codec H.264 Dan Vp7 Pada Sistem Video Conference. Skripsi Falkutas Sain dan Teknologi Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah.

Herryawan, Kusti. 2009. Video Conference. Pusat Teknologi Informasi dan Komunikasi Pendidikan Departemen Pendidikan Nasional.

Prakoso, M Huda. Teknologi 5G (Fifth Generation).2015. STT Telematika Telkom Purwokwerto.

Fadhli Fauzi, Gevin Sepria Harly, Hanrais Hs. 2012. Analisis Penerapan Teknologi Jaringan Lte 4g Di Indonesia. Majalah Ilmiah UNIKOM.

Rediniasih, dwi aswari. 2008. study aplikasi mobile video conference pada cdma 2000. Universitas Mercubuana Jakarta.

Rachmat, Muhammad dkk. 2013. Teknologi Jaringan Akses LTE (Long Term Evolution). Jurusan Teknik Elektro Falkultas Teknik Universitas Hasanuddin.

Wulandari, Rika. 2016. Analisis QoS(Quality of Service) pada Jaringan Internet (Studi Kasus : UTP Loka Uji Teknik Penambangan Jampang Kulon- LIPI). Sukabumi.

Hidayati, Nurul dan Suwadi. 2016. Analisis Kinerja TCP/IP untuk Jaringan Nirkabel Bergerak 3G di Surabaya. Jurnal Teknik ITS.

Wati, Anggar. 2018. Desain Penggunaan QOS (Quality of Service) pada Layanan Video Conference Point To Point dan Multipoint dengan Metode Kompresi Codec H.264 pada Jaringan 4G. Jurusan Teknik Elektro Politeknik Negeri Sriwijaya.

A. Gani, Aplikasi Pengaruh Quality of Service (QoS) Video Conference Pada Trafik H.323 Dengan Menggunakan Metode Differentiated Service (Diffserv), Universitas Syiah Kuala, 2010.




DOI: https://doi.org/10.15575/telka.v4n2.103-113

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Jurnal TELKA terindex oleh :


            Crossref logo           


Onesearch logo




Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-NonKomersial-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.