Pengembangan Antena Fleksibel Mikrostrip Bowtie

Levy Olivia Nur, Muhammad Fathan Hizbuddin, Bambang Setia Nugroho

Sari


Antena mikrostrip fleksibel dengan patch bowtie dipresentasikan dalam penelitian ini. Antena berbahan fleksibel Duroid Roger 3003C dengan frekuensi 2,45 GHz telah dirancang dan diukur. Penelitian ini mengusulkan penggunaan antena dengan bahan fleksibel untuk komunikasi saat dan pasca terjadi bencana alam seperti gempa atau erupsi gunung berapi. Pada makalah ini dilakukan modifikasi dengan penambahan elemen parasitic untuk meningkatkan bandwidth dan mengefektifkan pola radiasi. Pola radiasi, gain, S-parameter, dan VSWR dievaluasi dalam kondisi normal, bend, dan on-body dengan simulasi nilai SAR. Hasil pengukuran terhadap parameter-parameter tersebut menunjukkan bahwa antena fleksibel patch bowtie ini dapat digunakan dalam kondisi on-body centric.

Kata Kunci


antenna microstrip; fleksibel; elemen parasitic; nilai SAR

Teks Lengkap:

PDF


Dilihat:
Sari 1841 kali
PDF 1120 kali

Referensi


R. Joshi, C. Constantinides, S. K. Podilchak, and P. J. Soh, “Dual-Band Folded-Shorted Patch Antenna for Military Search and Rescue Operations and Emergency Communications,” 2018 18th Int. Symp. Antenna Technol. Appl. Electromagn., pp. 1–2, 2018.

C. Parmar and S. Joshi, “Wearable textile patch antenna for on-body communications,” Glob. Conf. Commun. Technol. GCCT 2015, no. Gcct, pp. 921–924, 2015.

R. Salvado, C. Loss, Gon, and P. Pinho, “Textile materials for the design of wearable antennas: A survey,” Sensors (Switzerland), vol. 12, no. 11, pp. 15841–15857, 2012.

N.T Susyanto, T Yunita, L O Nur, “Antena Mikrostip Bahan Tekstil Frekuensi 2.45 GHz untuk Aplikasi Telemedis.” Semnastek, 2018

E. Sunny, RP Astuti, BS Nugroho, “Perancangan dan Analisis Antena Mikrostrip MIMO Modified Shape Bow-tie pada Frekuensi 28GHz’, eProceedings of Engineering Telkom University, 2018

C. A. Balanis, Antenna Theory. Fourth Edition, 2016




DOI: https://doi.org/10.15575/telka.v5n2.130-138

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Jurnal TELKA terindex oleh :


     moraref logo       Crossref logo        sinta logo     base logo


Onesearch logo     IPI logo      Dimensions logo




Didukung oleh :







Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-NonKomersial-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.