Aplikasi Computer Vision Dengan Metode Fuzzy Image Processing Pada Text Reader

Aditya Kurniawan

Sari


Algoritma ini didesain untuk menginterpretasikan objek gambar berupa huruf yang nantinya akan dianalisa dan diubah dalam bentuk teks/string. Penelitian ini menggunakan scanner untuk mengambil gambar, setelah itu gambar akan diproses kedalam tahap penginterpretasian image. Sistem akan menyimpan huruf-huruf teks tersebut menjadi array dan mengurutkannya sehingga menjadi sebuah kalimat yang sama persis dengan image yang diambil. Penelitian ini mengimplementasikan sebuah metode fuzzy image processing dengan menggunakan fuzzy Multi Attribute Decision Making (MADM), yaitu sebuah logika fuzzy yang digunakan bukan sebagai control plant, melainkan digunakan untuk pengambilan keputusan berdasarkan atribut yang berjumlah lebih dari dua. Keputusan yang diambil oleh metode yang diterapkan akan menghasilkan sebuah keputusan berupa huruf yang terbaca dari sebuah image. Berdasarkan hasil uji coba dapat disimpulkan bahwa hubungan antara ukuran font dan akurasi recognizing adalah saling mempengaruhi. Huruf yang dapat di baca paling baik adalah pada index font 9, 10, dan 11 yaitu untuk ukuran font 36, 48 dan 72. Hubungan antara akurasi dan kerapatan teks untuk single dan double adalah tidak saling mempengaruhi. Hubungan antara akurasi dan kerapatan teks untuk banyaknya huruf dalam 1 baris adalah saling mempengaruhi. Sedangkan urutan huruf yang paling sulit di baca adalah kelompok huruf (E, I, X, Y, B, C) setelah itu urutan yang lebih mudah dibaca/dikenali adalah sisanya yaitu huruf  A, D,E,F,G,H,J,K,L,M,N,O,P,Q,R,S,T,U,V,W, dan Z.


Kata Kunci


Fuzzy image processing; point extraction; Histrogram image; pemrograman visual basic; text to speech

Teks Lengkap:

PDF


Dilihat:
Sari 3906 kali
PDF 1330 kali

Referensi


Al-Shabi, Mohammad : Text Detection and Character Recognition Using Fuzzy Image Processing Journal of ELECTRICAL ENGINEERTNG, VOL. 57, NO. 5, 2006, 258-267

Peng. H – Long, F. – Siu, W. – Chi, Z. – Feng. D. : Document Image Matching Based on Component Blocks, Proceedings of 2000 International Conference, Canada, 2000; 2, 601 – 604.

Castleman, K. (1979). Digital image processing. 1st ed. Englewood Cliffs, N.J.: Prentice-Hall.

Kurniawan, A., & Wardani, K. (2017). Pengaruh Isolated Neighborhood-Averaging Filters Pada Kinect Structural Noise Sebagai Sistem Navigasi Robot Wild Thumper. TELKA-Telekomunikasi, Elektronika, Komputasi dan Kontrol, 3(1), 49-56.




DOI: https://doi.org/10.15575/telka.v3n2.94-102

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Jurnal TELKA terindex oleh :


     moraref logo       Crossref logo        sinta logo     base logo


Onesearch logo     IPI logo      Dimensions logo




Didukung oleh :







Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-NonKomersial-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.