Analisis Perhitungan Rugi-Rugi Daya Di Penyulang CDM Mochammad Toha - Bandung Hingga Trafo Distribusi

Muhammad Temmy Hilmansyah, Nasrun Hariyanto, Siti Saodah

Sari


Suatu sistem tenaga listrik pada umumnya terdiri dari beberapa unsur penting yaitu sistem pembangkitan, system transmisi, dan system distribusi. Oleh karena itu pentransmisian dan pendistribusian pun sangat berpengaruh terhadap kualitas listrik yang sampai ke konsumen, besarnya rugi-rugi listrik yang di hadapi PT.PLN (Persero) cukup besar sehingga harus di benahi karena sebagai faktor penting dalam pengembangan jaringan listrik ke depannya, cara perhitungan rugi-rugi daya dan energi listrik pada jaringan distribusi primer tegangan menengah, teknik tag GPS akan di lakukan simulasi jarak menggunakan aplikasi google earth, Simulasi aliran daya menggunakan aplikasi ETAP , maka dari hasil tersebut pun dapat digunakan sebagai acuan untuk perencanaan perluasan jaringan listrik di Indonesia, karena sangat berpengaruh terhadap nilai investasi jangka Panjang.

Kata Kunci


Rugi-rugi daya; susut energi; distribusi; transformator; simulasi

Teks Lengkap:

PDF


Dilihat:
Sari 323 kali
PDF 115 kali

Referensi


Zuhal. (2000). Dasar Teknik Tenaga Listrik dan Elektronika Daya, Gramedia. Jakarta

Standar PLN 50 (1997). Spesifikasi Transformator Distribusi

Aulia Nur F (2017) Analisis Perhitungan Susut Daya dan Energi Pada Penyulang X di Sisi Tegangan Menengah sampai Trafo Distribusi, Institut Teknologi Nasional. Bandung.

Akbar, A. Ali. (2006). Perhitungan Susut Daya Pada Sistem Distribusi Saluran Udara (SUTM) Penyulang CWRA GIS Kiara Condong dan Saluran Kabel (SKTM) Penyulang CBB GI Cigereleng. Bandung.

Ramadhianto, Danang. (2008). Studi Susut Energi Pada Sistem Distribusi Tenaga Listrik Melalui Analisis Pengukuran dan Perhitungan, Skripsi, Universitas Indonesia.

Wasi, M. Riyan. (2007). Perhitungan Rugi-rugi Daya dan Energi pada SKTM 20kV di GI Cigereleng - GH Braga dengan Metoda Gauss Seidel. Bandung.

Mukundufite Fabien (2016). Reduction of Power Loss in Transmission and Distribution Lines by Respect of Comprehensive Planning in Combination with DG Installations Close to Consumers in Rwanda. University of Rwanda, Butare, Rwanda.




DOI: https://doi.org/10.15575/telka.v4n1.24-32

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Jurnal TELKA terindex oleh :


            Crossref logo           


Onesearch logo     IPI logo




Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-NonKomersial-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.