Prototipe Layanan VoIP Pada Jaringan OpenFlow

Eki Ahmad Zaki Hamidi, Mufid Ridlo Effendi, Hafizh Wibowo Widodo

Sari


Voice Over Internet Protocol (VoIP) adalah sebuah teknologi yang mampu melewatkan trafik suara dan data yang berbentuk paket melalui jaringan IP. Penggunaan IP memungkinkan penghematan biaya dikarenakan tidak perlu membuat sebuah infrastruktur baru untuk komunikasi suara. Dalam mengaplikasikan VoIP saat ini masih menggunakan infrastruktur jaringan konvensional, dengan berkembangnya SDN (Software Defined Network) yang menawarkan paradigma baru dalam dunia jaringan dalam mendesain, mengelola dan mengimplementasikan jaringan, terutama untuk mendukung kebutuhan dan inovasi di bidang ini yg semakin lama semakin kompleks, maka layanan VoIP dapat diaplikasikan pada jaringan OpenFlow yang merupakan implementasi dari konsep SDN (Software Defined Network). Dalam mengimplementasikan VoIP menggunakan pada jaringan OpenFlow, VoIP dapat dibangun dengan menggunakan aplikasi yang bersifat freeware seperti X-Lite sebagai User Agent atau Client, Asterisk sebagai server VoIP dan G.711 sebagai codec dengan memanfaatkan OpenvSwitch yang berfungsi meneruskan paket-paket dalam layanan VoIP. Pada pengujian ini dilakukan terbagi dalam 2 bagian, pengujian pada OpenvSwitch dan VoIP. Pada pengujian OpenvSwitch dapat disimpulkan bahwa flow yang sudah dibuat pada OpenvSwitch dapat berfungsi untuk meneruskan paket-paket dalam layanan VoIP sehingga antara server dan client dapat terhubung. Pengujian VoIP dilakukan sebanyak 10 kali percobaan dengan hasil yang didapatkan dengan rata-rata delay 10,0002421 ms, throughput 171,195 Kbps, jitter 0,424 ms, packet loss 0%.

Kata Kunci


Software Defined Network; OpenFlow; OpenvSwitch; VoIP

Teks Lengkap:

PDF


Dilihat:
Sari 3567 kali
PDF 976 kali

Referensi


Lazuardi, N., 2009. Perencanaan Jaringan Komunikasi VoIP (Voice Over Internet Protokol) Menggunakan Asterisk SIP (Session Initiation Protocol).

Yuniati, Y., Fitriawan, H. and Patih, D.F.J., 2014. Analisa Perancangan Server VoIP (Voice Internet Protocol) dengan Opensource Asterisk dan VPN (Virtual Private Network) Sebagai Pengaman Jaringan Antar Client. Jurnal Sains dan Teknologi Industri, 12(1), pp.112-121.

Wahyuddin, M.I., 2009. Implementasi VoIP Computer To Computer Berbasis Freeware Menggunakan Session Initiation Protocol. , 3(1), pp.50–59. [4] Kartadie, R. and Satya, B., 2015. Uji Performa Implementasi Software-Based OpenFlow Switch Berbasis OpenWRT Pada Infrastruktur Software-Defined Network. DASI, 16(3), p.87.

Cui, Hongyan, et al. "Accurate Network Resource Allocation in SDN according to Traffic Demand." (2015). openflow halaman 26

Kartadie, R., Utami, E. and Pramono, E., 2014. Prototipe Infrastruktur Software-Defined Network Dengan Protokol OpenFlow Menggunakan UBUNTU Sebagai Kontroler. DASI, 15(1), p.24.

Gojali, I., 2013. Modul Jaringan Komputer.

Salwa, M.I., 2016. Implementasi DHCP server multi subnet menggunakan switch OpenFlow. Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati Bandung.

Wahardwiani, I., 2015. Desain dan implementasi telepon internet pada jaringan komputer Laboratorium Telekomunikasi Politeknik Negeri Bandung. Politeknik Negeri Bandung.

Ilma, U.Z., 2011. Rancang bangun dan analisa Quality of service (QoS) pada sistem Voice Over Internet Protocol (VoIP) menggunakan opensource Elastix. Institut Sains dan Teknologi Nasional.

Supriyanto, 2013. Jaringan Dasar 1. Available at: https://docs.google.com

Syamsu, S.,Modul Jaringan Komputer. Stimik AKBA

Li, Y., & Wang, G. (2013). SDN-based switch implementation on network processors. Communications and Network, 5(03), 434.

Tulloh, R., Negara, R.M. and Hidayat, A.N., 2015. Simulasi Virtual Local Area Network (VLAN) Berbasis Software Defined Network (SDN) Menggunakan POX Controller. JURNAL INFOTEL, 7(2), pp.129-136.

Baek, Sun Uk, et al. "Implementation and Verification of QoS Priority over Software Defined Networking." Proceedings on the International Conference on Internet Computing (ICOMP). The Steering Committee of The World Congress in Computer Science, Computer Engineering and Applied Computing (WorldComp), 2016

ONF Market Education Committee, 2012. Software-defined networking: The new norm for networks. ONF White Paper.

Risdianto, A.C., Arif, M. & Mulyana, E., 2013. Buku Komunitas SDN-RG: Pengantar SDN

Thorpe, Christina, et al."iMOS: Enabling VoIP QoS Monitoring at Intermediate Nodes in an OpenFlow SDN." Cloud Engineering Workshop (IC2EW), 2016 IEEE International Conference on. IEEE, 2016.

Ketut Sudiarta, P. and Sukadarmika, G., 2012. Penerapan Teknologi VoIP Untuk Mengoptimalkan Penggunaan Jaringan Intranet Kampus Universitas Udayana. Majalah Ilmiah Teknologi Elektro, 8(2).




DOI: https://doi.org/10.15575/telka.v4n1.33-42

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Jurnal TELKA terindex oleh :


     moraref logo       Crossref logo        sinta logo     base logo


Onesearch logo     IPI logo      Dimensions logo




Didukung oleh :







Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-NonKomersial-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.